Jumat, 08 April 2011

Pen Spinning

Kali ini saya akan menjelaskan hobi saya, yaitu pen spinning. Pen spinning adalah seni memanipulasi pensil, spidol atau pulpen menggunakan tangan. Singkatnya Pen spinning adalah seni memutar pensil dengan tangan atau jari2 kita. Di Indonesia pen spinning kurang terkenal. Namun di negara seperti Jepang, Korea, dan Singapura, seni ini sangat terkenal. Pen Spinning adalah self entertaining atau seni untuk menghibur diri. Lumayanlah, daripada bosen pas jam kosong atau nungguin seseorang yang ngaret, mending maen pen spinning. Daripada bingung, Mending di buff dulu yang satu ini.



Gimana? Mantap kan? Saya sendiri belum bisa yang seperti itu, maklum masih fundamental. Sebab pen spinning bukanlah seni yang bisa dikuasai hanya dalam hitungan menit. Butuh waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk menguasainya.

The Fundamentals
 Nggak cuma basket aja yang ada fundamentalnya, pen spinning juga. Fundamental adalah trik2 dasar untuk para pemula. Trik2 yang lebih sulit juga kebanyakan merupakan pengembangan dari trik fundamental ini. Berikut ini adalah trik2 fundamental.

1. Thumb Around
   Trik paling dasar dari Fundamental dan Pen Spinning. Trik ini, sesuai namanya, berarti pensil/pulpen memutari jempol kita sebagai pivotnya. Caranya, pegang pensil dengan jempol, telunjuk, dan jari tengah. Jempol berada antara telunjuk dan jari tengah. Lalu, dorong dengan jari tengah, usahakan jempol tidak bergerak. Tangkap pensil dengan jempol tan telunjuk. Butuh waktu memang untuk menguasainya. Saya saja 3 hari baru bisa (cuma bisa, belum menguasai) itupun gak sengaja pas pelajarannya pak allan di lab. (peace pak)


 2. Charge
     Teknik ini nggak begitu sulit. Cuman yang sulit ngelancarinnya, karena butuh kelenturan jari2. Teknik ini kayak drummer lagi muterin stik, cuma bedanya pake pulpen dan arahnya searah jarum jam.


3. Fingerpass
   Fingerpass sebenarnya adalah gabungan dari trik yang bernama pass. Tekniknya simpel, cuma mindahin pulpen dari satu jari ke jari lain. Cuma yang susah nglancarinnya (Sampai sekarang saya belum lancar).



4. Sonic
   Trik tersusah dari semua Fundamental. Namun kalu kalian bisa menguasainya, maka untuk menguasai trik yang lebih sulit lagi tidaklah terlalu susah. Sebab trik2 yang lebih susah kebanyakan adalah variasi dari sonic. Hal yang terpenting adalah memindahkan pulpen dengan sangat cepat sekaligus membentuk circular motion. Caranya,pegang pulpen antara jari manis dan tengah. Kemudian, lakukan gerakan seperti charge. Lalu sentuh ujung pulpen dengan telunjuk sambil dengan cepat menurunkan jari tengah. Naikan kembali jari tengah. Voila, pensil tiba2 pindah di antara jari tengah dan telunjuk. Saya cuma butuh waktu 1 hari buat bisa, tapi untuk membentuk circular motionnya, biar kelihatan bagus, butuh berhari-hari.



Setelah bisa menguasai keempat Fundamental tsb, ada yang namanya Fundamental  Reverse, yaitu kebalikan dari fundamental. Triknya sama, hanya arahnya yang berbeda, berlawanan jarumjam.

Setelah menguasai keempat fundamental beserta reversenya, barulah kita bisa bermain dengan combo, gabungan dari beberapa trik, yang merupakan daya tarik pen spinning.

Sekian dulu dari saya.

0 komentar:

Posting Komentar