Kamis, 07 April 2011

Astronomi

Sebetulnya saya sangat malas untuk menulis ini, tapi berhubung ada tugas dari pak allan, apaboleh buat lah.

Langsung saja, Astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda2 langit. Ada beberapa cabang yang terkait dengan Astronomi, seperti Kosmologi, Astrofisika, dan lain lain yang akan kita bahas lain waktu. Dasar ilmu astronomi adalah Matematika dan Fisika yang kuat, ditambah dengan Geografi, sedikit Kimia, dan Astronomi itu sendiri. Saya akan menjelaskan hal mendasar tentang astronomi ini.

Bola Langit

Bintang2 dan benda langit terletak nan jauh disana dengan jarak puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun cahaya (1 tahun cahaya kira2 9,5 trilyun km). Benda2 langit itu berada pada jarak yang berbeda-beda jauhnya. Karena itu untuk memudahkan pemetaan posisi bintang bagi pengamat, semua benda langit diasumsikan pada jarak yang sama jauhnya (biasanya 10 parsek, kalo gk tau parsek itu apa, lain kali saya jelaskan atau googling sendiri), seolah ditempatkan pada bola khayal mahabesar yang disebut bola langit. Dalam bola langit kita memperhitungkan arah suatu benda langit tanpa memerdulikan jaraknya.


  Bagian2 bola langit:
  1. Equator Langit. Perpanjangan Equator Bumi.
  2. Kutub Langit Utara. Perpanjangan Kutub Utara Bumi.
  3. Kutub Langit Selatan. Perpanjangan Kutub Selatan Bumi.
  4. Bidang Ekliptika. Bidang edar tahunan matahari.
  5. Titik Aries dan Titik Libra. Perpotongan Equator langit dan Bidang Ekliptika.
Sampai segini dulu karena saya malas ngelanjutinnya. Lain kali akan saya lanjutkan. Bye.

0 komentar:

Posting Komentar